Loading...

Senin, 30 Juli 2012

Makanan Lebaran Awas berbahaya .

MAKANAN LEBARAN: Awaass.. sirup berbahaya beredar di Kutai Timur

Compact__mg_0141 SANGATTA: Tim Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Samarinda Kalimantan Timur menemukan bahan pengawet berbahaya dalam minuman sirup yang dijual bebas saat melakukan pengambilan sampel di Sangatta, Kutai Timur.

Menurut Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan Samarinda, Dra. Wirda Zain, sebanyak 17 jenis makanan dan minuman yang diambil sampelnya, terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung formalin dan bahan berbahaya lain.

Namun, Wirda tidak menyebut jenis dan merek sirup serta makanan lain yang ditemukan mengandung bahan berbahaya.

"Beberapa makanan dan minuman kami temukan mengandung bahan berbahaya seperti Formalin, Boraks, Rhodamin B, dan Methanil Yello," katanya, Rabu (25/07).

Dijelaskannya, tim Gabungan BPOM yang beranggotakan Disperindag dan Dinas Kesehatan, Lembaga Perlindungan Konsumen Kutai Timur, menemukan makanan dan minuman yang mengandung formalin dan bahan pangawet berbahaya itu dijual di lokasi pasar Ramadhan.

Uji laboratorium makanan dan minuman dilakukan di lokasi Pasar Ramadhan, karena sudah membawa alat-alat uji laboratorium menggunakan satu unit mobil dari Samarinda, sehingga sampel kue, makanan dan minuman bisa langsung diketahui kandungannya.

Tim BPOM, sengaja melakukan uji laboratorium di lokasi agar masyarakat mengetahui dan melihat langsung makanan dan minuman yang menggunakan bahan pengawet berbahaya bagi kesehatan manusia.

"Seluruh makanan jajanan dan minuman yang kami temukan mengandung formalin dan bahan berbahaya kami tarik dan meminta tegas kepada pemiliknya untuk tidak lagi menjual kepada masyarakat," kata Wirda Zain didampingi Husein Kepala Bidang Peningkatan SDM Dinas Kesehatan.

Dikatakan Wirda, barang sampel ditemukan tetap diamankan BPOM Samarinda, sedangkan pemilik dan penjual makanan dan minuman diingatkan agar tidak lagi memperjualbelikan barang mengandung pengawet berbahaya bagi kesehatan.

Menurutnya, Tim BPOM Samarinda akan berada di Kutai Timur selama tiga hari dengan target akan mengambil 50 jenis sampel minuman dan makanan olahan yang diperjualbelikan pedagang pada Bulan Suci Ramadan

Sambel Iwak Panggang Mackarel lebaran

  
Dulu, ibuku suka bikin sambel iwak panggang, yang iwak panggangnya bawa dari Blora gitu. Uenaak banget. Aku yang ga suka sambel ulek aja jadi suka deh kalo udah makan ikan ini. Pas disini nemu ikan mackarel panggang, baunya mirip-mirip gitu. Ya wes aku telponlah ibuku dan minta resepnya. Terus aku coba masak di rumah. Walaupun ibuku bilang nguleknya kudu pake ulekan, aku pake blender dong, ulekan mah ga kepake deh buat pemalas kaya aku hehe. Tapi alhamdulillah sukses, rasanya dah mirip sama buatan ibuku. Lekker dah!

Bahan:
1 buah ikan mackarel panggang yang agak besar
Bawang merah kira-kira 3 biji
Bawang putih 2 biji
Kencur seukuran ibu jari
Cabe merah 4 buah
Kemiri 2 biji
Terasi seukuran ibu jari juga
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat:
1. Semua bumbu digoreng (kecuali ikan)
2. Setelah digoreng bumbu diulek, lalu si ikan campur deh diulekan. Tapi kalo aku sih bumbu diblender.
3. Lalu di atas wajan si bumbu dicampur sama ikan. Berhubung kulit ikan mackarelnya susah dipotong-potong, kudu pake gunting motongnya.
4. Aduk-aduk pake api kecil biar dimakan pas anget-anget.
5. Sambil diaduk jangan lupa dikeceri jeruk nipis alias dicipratin jeruk nipis.

Jadi deh, enaaak!


dscf3479-edited.jpg
 Komentar 

paru goreng ala mimih lebaran

 
Aku suka banget paru goreng, walaupun tau sih kolesterol tinggi bo! Dan untungnya bertaun-taun tinggal disini ga pernah nemu paru di toko daging, bener-bener hidup sehat deh disini mah. Tapi kadang saking kangennya aku suka nitip ke ibuku minta bawain paru goreng kalo ada temen yang pulang.

Hingga suatu hari, nisa membawa berita, ada yang jual paru di toko Turki Al Fysal. Alamaak berabe..berabe! Kedemenan gw ada disini! Bisa-bisa acara hidup sehatku berantakan dah. Bener aja langsung lah aku berburu paru, sampe bela-belain pesen dan bolak balik ditungguin. Ternyata ga sia-sia, pas menjelang ramadhan kemaren, suamiku langsung dikasih 11 kg paru! Mau ga diambil smua ga enak sama penjualnya karena dah pesen dari kapan hari, berikut harganya pun super duper murah saudara-saudara, 0,75 cent euro saja per kilo alias sepuluh ribu rupiah kalo di convert ya.

Gilaaak! Liat paru-paru sapi sebanyak itu berdarah-darah di rumah udah mblenger duluan aku. Langsung lah kubagi-bagi, buat nisa 3 kg, buat acara bubar 3 kg, buat lebaran 3 kg dan buat kugoreng 2 kg. Untung aku punya freezer segede kulkas dari mba Indah, berguna banget itu freezer.

Dan si 3 kg paru itu aku bagi-bagi lagi biar gampang kalo mau goreng. Lalu aku praktekkan lah resep paru goreng ala ibuku. Dan ternyata sukses lagi, horee! Aku tuh ga suka sama paru yang gembos alias ga kering. Suami dan anak-anakku juga ga demen sama paru yang basah, ga tega makannya katanya. Untungnya resep dari ibuku ini bisa bikin si paru jadi kering. Rahasianya ada di: minyak goreng! Yup! Setelah di godok pake asem jawa dan garem, si paru musti direndemin minyak goreng. Hasilnya..hmm bener-bener kriuk kriuk lho. Tentu aja motongnya juga ga boleh ketebelan ya. Pokoknya gurih dan kriuk banget deh. Ini dia resepnya. Aku bikin sekalian banyak buat nyetok di freezer. Dimasuk-masukin plastik sesuai kebutuhan saat menggoreng.

Resep:

Bahan:
- Paru sapi 3 kg
- Asem jawa 2 jempol
-Garam secukupnya.

Cara membuat:
- Godok paru sapi tersebut dalam panci sampai terendam air, beri asam jawa dan garam, hingga paru berwarna kecoklatan.
- Potong tipis-tipis, ukuran sesuai selera

Lalu paru tersebut dicampur dengan bumbu berikut:
- 1,5 sdm ketumbar
- 12 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
- garam secukupnya

Setelah itu beri minyak goreng, ga usah terlalu banyak, kira-kira aja asal semuanya udah kena minyak. Rendam selama 1-2 jam, makin lama makin baik.

Goreng paru dalam minyak panas hingga kering. Kalo kurang kering, angkat dulu, lalu goreng lagi, biasanya jadi kering bener.

Sajikan, dijamin sepiring langsung tandas! Tapi inget-inget kolesterol yaa :-) Berhubung dah kebiasaan jarang makan yang berkolesterol2 tinggi gini, jadinya kalo habis makan paru banyak, sekarang aku suka langsung feel guilty, trus setelah itu berusaha banyak-banyak makan jus sayur atau segala sayur dilahap deh kaya embe hehe.


dscf3204.jpg
 Komentar 


Kue kering lebaranku


Baru pertama kali ini aku bikin kue kering pas lebaran. Lebaran-lebaran sebelumnya ga pernah. Taun ini karena ingin lebaran lebih berkesan buat anak-anak, dan si baking blues lagi pergi, jadilah aku berkutat dengan terigu beberapa hari sebelum lebaran. Lala dan Malik seneng bantuin nyetak-nyetak sesuka mereka, walopun ga bertahan lama sih. Lala bikin nastar berbentuk tas dan rumahnay sponge bop. Aik bikin bulan sabit anak, ayah dan bunda dari bahan kue putri salju.

Aku bikinnya satu resep-satu resep dan ternyata jadinya dikit, padahal habisnya cepet banget. Aku sengaja pilih resep-resep yang beredar di NCC, karena selama ini resep yang beredar di milis NCC emang terbukti TOP dah. Nenek belanda tetangga aku yang aku kirimi beberapa sample kuker ini juga bilang enak."Kecuali kue yang ada ikannya," katanya. Walah orang belanda pan emang kurang demen sama ebi, jadi jangan salahkan kukerku ya hehe ngeles mode on :-).

Setelah cobain aneka kuker ini, suami dan anak-anakku paling demen sama sagu keju. Walaupun pake tepung tapioka ternyata jadi juga, tapi pas bagian nyetak yang nyebelin karena si parutan keju nyangkut-nyangkut melulu, sementara peralatan cetakan kukerku terbatas banget. Ya wes akhirnya pas suamiku bantuin nyetak, sama dia dibuat mlungker-mlungker ga jelas hehe. Tapi yang penting rasanya bo! Nendang banget dah! Putri salju resep dari pak Sahak juga enak. Ternyata kalo kacang medenya dicincang aja, ga dihalusin ,beneran lebih enak lho.

Berikut ini kumpulan resepnya, sengaja aku posting disini biar ga bolak-balik nyari di arsip kalo ntar mau bikin lagi.


SAGU KEJU
==========

Recipe by Fatmah Bahalwan

Bahan:

300gr tepung sagu (aku pake tepung tapioka)
2 lbr daun pandan
100 gr margarine
50gr mentega (butter)
150gr gula halus
1 btr kuning telur
100gr keju edam, parut
50ml santan kental (aku pake santan kemasan, ambil bagian kentalnya aja)

Cara membuat:

- Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat, dinginkan.
- Kocok margarine dan mentega hingga putih dan lembut masukkan gula, kocok rata, tambahkan kuning telur, kocok rata.
- Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
- Masukkan adonan kedalam plastik conthong (segitiga), kasih spuit bintang, semprotkan kedalam loyang tipis yg sudah dioles mentega dan ditabur tepung.
- Oven selama lk. 40menit....(ingat kenali oven masing-masing, wkt dan suhu yg diperlukan, selalu lakukan test. gunakan suhu rendah 120-130 utk mendapatkan hasil yang sagu keju yang putih cantik tapi matang.)

PUTRI SALJU pak Sahak

Bahan :
Butter 400 gram
Kuning telor 2 butir
Gula halus 170 gram
Tepung terigu 450 gram
Kacang mede cincang 250 gram
Susu bubuk 30 gram
Garam 1 sdt
Bahan taburan gula halus 250 gram
Susu bubuk 50 gram

Cara membuat :
Kocok butter, kuning telor dan gula halus sampai mengkrem.
Kemudian masukan tepunng terigu, susu bubuk , garam dan kacang mede lalu aduk sampai rata.
Adonan siap dicetak atau dibentuk lalu dipanggang sampai matang kira-kira sampai dengan 35 menit dengan suhu 160 derajat.
Proses pemanggangannya rata - rata berkisar 30-40 menit.

NASTAR pak sahak

Bahan A.
Butter 250 gram
Gula halus 100 gram
Kuning telur 3 butir
( dikocok sampai lembut )

Bahan B
Tepung terigu 350 gram
Maizena 100 gram
Susu bubuk 30 gram

Bahan isi
Selai nanas 500 gram

Bahan olesan
4 kuning telor
Batter 1 sdt
Garam 1/2 sdt
(campur jadi satu )

Cara membuatnya :
1. Campur bahan B kedalam bahan A secara bertahap
2. Ambil adonan 1 sdt lalu pipihkan isi dengan selai nanas lalu bulatkan
3. Susun diloyang lalu poles dengan bahan olesan
4. Panggang selama 15 menit
5. Angkat dari oven lalu poles lagi dengan bahan olesan
6. Pangang kembali selama 20 menit atau sampai matang.

Ebi Cookies
Sumber : Buku resep Kue Kering ala Nila Chandra

Bahan:
250 mentega/margarin
75 gr gula halus
1/2 sdt garam
1 butir telur
50 gr ebi dan 1/2 sdt gula halus, haluskan dengan blender dan panggang sebentar
200 gr terigu dan 1/2 sdt baking powder, campur dan ayak
1 kuning telur, kocok sebentar untuk olesan
50 gr ebi halus untuk taburan

Cara membuat:
1. Kocok mentega/margarin dan gula halus hingga putih. Tambahkan garam dan telur. Kocok terus hingga halus. Masukkan campuran ebi dan gula, aduk rata.
2. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan sedikit demi sedikit, aduk rata. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan. Letakkan dalam loyang yang telah diolesi mentega.
3. Olesi permukaan bulatan dengan kuning telur, taburi dengan ebi halus. Panggang dengan api sedang kurleb 30 menit.

Onion Garlic Twist aka Kue bawang
Sumber : Buku resep Kue Kering ala Nila Chandra

Bahan:
90 gr mentega/margarin
3 siung bawang putih, haluskan
3 kuning telur, kocok sebentar
2 sdt air
185 gr terigu
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
(terigu, baking powder dan garam campur dan ayak)
1 kuning telur, kocok sebentar

Cara membuat:
1. Kocok mentega/margarin hingga halus, masukkan bawang putih halus, kuning telur kocok, dan air. Kocok kembali hingga rata
2. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak, uleni hingga kalis. Giling adonan setebal 0,3 cm, potong-potong 1x10 cm. Pilin/puntir potongan adonan, letakkan dalam loyang yang telah diolesi mentega/margarin.
3. Olesi permukaan potongan adaonan dengan kocokan putih telur. Panggang dengan api sedang selama kurleb 25 menit hingga matang. Angkat, simpan dalam wadah tertutup setelah dingin. Untuk kurleb 375 gr alias 2 toples kecil.

Tips biar kuker sukses:
- Suhu dan lama saat memanggang penting banget diperhatikan kalo engga dijamin kue yang udah dengan setengah mati dibentuk gosong dan tak indah lagi :-)
- Kalo pake oven gas dengan 8 stand, setelah kue pertama sempet gagal, akhirnya aku selalu pake stand 3 lama waktu antara 15 menit sampe 30 menit. - Untuk sagu keju biar tetep putih cantik mendingan di stand 2,5 aja dengan waktu panggang kurleb 20 menit atau 30 menit.
- Ngocok telur dan menteganya ga boleh kelamaan, asal udah nyampur aja, karena kalo kelamaan dijamin setelah dipanggang akan 'bengkak' alias mbleber.

Tips lain untuk membuat kuker ini aku ambil dari blognya NCC dan bermanfaat banget. Kalo mau bikin biar tingkat kegagalan kecil wajib deh baca tips ini:

1. Pastikan semua bahan dalam keadaan segar dan berada pada suhu ruang.
2. Lebih baik lagi jika terigu disangrai terlebih dahulu lk 5 menit dengan api kecil. Tepung yang disangrai akan meminimalkan kelembaban tepung dan membantu kue menjadi lebih renyah.
3. Ayak semua bahan kering, terutama gula bubuk (jika ada).
4. Mengocok mentega/margarin tidak perlu terlalu lama, cukup sampai tercampur dan lembut saja. Jika dikocok terlalu lama dan sampai putih, kue kering akan melebar terlalu besar saat dipanggang.
5. Mencampur terigu dengan adonan mentega hendaknya menggunakan sendok kayu atau pastry blender (lihat di blog NCC), jangan menggunakan tangan. Panas dari tangan akan menyebabkan mentega meleleh terlalu cepat dan bersama terigu akan membentuk gluten, sehingga kue akan keras dan tidak renyah.
6. Jika adonan terlalu lembut/lengket untuk dibentuk, masukkan dalam lemari es 10-15 menit sebelum dibentuk.
7. Bila kue sudah berwarna keemasan dan kering tepinya, segera keluarkan dari oven karena proses pematangan masih akan berlangsung di luar oven. Kue mungkin masih agak lunak di tengahnya, tapi ketika dingin dia akan mengeras sendiri.


Nastar
 1 Komentar 

Putri salju
  

Kue bawang
  

Ebi cookies
  

Sagu keju
  

Putri salju dicelup coklat
  

Bagi-bagi kuker
 Komentar 

Nastar bikinan Lala dan Malik
 Komentar 

Putri salju bikinan Aik

Promo kue Lebaran

Promo Kue Lebaran Murah – 6 Toples Cuma Rp. 55.000


Wah, Lebaran sebentar lagi sudah akan tiba ya? Untuk meramaikan acara silaturahmi, pastinya kue-kue Lebaran tidak boleh ketinggalan dong!
Buat teman-teman yang tidak hobi berkreasi di dapur sendiri, Dskon lagi punya info promo yang pas banget nih untuk kalian. Dengan promo ini kalian bisa mendapatkan 6 toples rangkaian kue Lebaran cukup dengan harga Rp. 55.000,- saja.
Promo ini merupakan promo voucher online yang ditawarkan oleh Hemat.com. Keterangan lengkap tentang promo kue Lebaran murah yang dimaksud bisa kalian simak di bawah ini.

Syarat dan Ketentuan Promo

  • Voucher cuma bisa dibeli online disini.
  • Masa penjualan voucher berakhir pada tanggal 28 Agustus 2011 pukul 17.00 WIB
  • Voucher harus dibayar selambat-lambatnya tanggal 28 Agustus 2011
  • Voucher dijual dengan harga Rp. 55.000,- dan bisa ditukarkan dengan satu paket kue Lebaran berisi 6 toples
  • Ukuran paket: 45 x 30 x 10 cm, berat 2 Kg , dengan isi 6 toples @300 gram
  • Pembeli tidak dapat memilih rasa kue
  • Paket bisa dikirim lewat kurir (dalam kota Jakarta ongkos kirim Rp. 20.000,- , untuk pembelian minimum 10 paket ongkos kirim gratis)
  • Alternatif paket juga bisa diambil di Gajah Mada Plaza by appointment
  • Voucher yang telah di-print harus dibawa ketika mengambil paket atau diserahkan kepada kurir jika memilih paket untuk dikirim

Keterangan Lanjut

  • Jenis kue yg tersedia: putri salju, nastar, kastangel, semprit vanilla, coklat dan semprit nanas
  • Kombinasi rasa dalam satu paket adalah random (acak) dan tidak bisa dipilih
  • Untuk mendapatkan paket bisa langsung menghubungi William Cookies di nomor telepon: (021) 9988 2515 atau lewat PIN BB: 2380FD2E

Lokasi Penjual:

William Cookies
Jl. Thalib III Baru No. 20
RT005/04, Krukut
Taman Sari
Jakarta 11140

Jangan lewatkan kesempatan ini, buruan beli vouchernya!
Seperti biasa, Dskon juga punya banyak penawaran voucher online menarik lain yang bisa langsung kamu temukan disini.

Sabtu, 07 Januari 2012

DAFTAR MAKANAN KOLESTEROL TINGGI

DAFTAR MAKANAN KOLESTEROL TINGGI


  TINGGI |DAFTAR KANDUNGAN KOLESTEROL

Daftar makanan kolesterol tinggi ini menginformasikan kandungan kolesterol dalam berbagai macam makanan. Sehingga dapat membantu kita dalam menjaga kondisi kesehatan. Kolesterol seringkali menjadi “silent killer”, kadang kita tidak  merasakan sakit pada saat kadar kolesterol kita tinggi, namun ada beberapa gejala yang dapat kita kenali dan kadang kita mengacuhkan gejala tersebut dan keluhan akan kita rasakan saat sudah terjadi komplikasi dan kerusakan organ tubuh, artinya sudah terlambat bagi kita untuk melakukan pencegahan.
Berikut (dikutip dari GENERAL HOSPITAL, SINGAPORE):

No
Nama Makanan ( 10 gr )
Kolesterol ( Mg )
Kategori
1
Putih Telor Ayam
0
Sehat
2
Teripang ( Haisom )
0
Sehat
3
Ubur-Ubur
0
Sehat
4
Susu Sapi Non Fat
0
Sehat
5
Daging Ayam Pilihan Tanpa Kulit
50
Sehat
6
Daging Bebek Pilihan Tanpa Kulit
50
Sehat
7
Ikan Sungai Biasa
55
Sehat
8
Daging Sapi Pilihan Tanpa Lemak
60
Sehat
9
Daging Kelinci
65
Sehat
10
Daging Kambing Tanpa Lemak
70
Sehat
11
Ikan Ekor Kuning
85
Sehat
12
Daging Asap (Ham)
98
Sekali-sekali
13
Iga Sapi
100
Sekali-sekali
14
Daging Sapi
105
Sekali-sekali
15
Burung Dara
110
Sekali-sekali
16
Ikan Bawal
120
Sekali-sekali
17
Daging Sapi Berlemak
125
Sekali-sekali
18
Gajih Sapi
130
Hati-hati
19
Gajih Kambing
130
Hati-hati
20
Keju
140
Hati-hati
21
Sosis Daging
150
Hati-hati
22
Kepiting
150
Hati-hati
23
Udang
160
Hati-hati
24
Kerang / Siput
160
Hati-hati
25
Belut
185
Berbahaya
26
Santan Kelapa
185
Berbahaya
27
Susu sapi
250
Berbahaya
28
Susu sapi Cream
280
Berbahaya
29
Coklat / Cacao
290
Berbahaya
30
Mentega / Margarin
300
Berbahaya
31
Jeroan Sapi
380
Berbahaya
32
Kerang Putih / Remis / Tiram
450
Berbahaya
33
Telor Ayam
500
Berbahaya
34
Jeroan Kambing
610
Berbahaya
35
Cumi-Cumi
1170
Pantang
36
Kuning Telor Ayam
2000
Pantang
37
Otak Sapi
2300
Pantang
38
Telor Burung Puyuh
3640
Pantang

Keterangan:
Kolesterol Normal dalam darah : 160 – 200 Mg
Kolesterol tinggi akan mengakibatkan penyakit mendadak seperti Hipertensi, Jantung, Stroke, kematian.

Diharapkan daftar makanan kolesterol tinggi diatas dapat menjadi panduan untuk hidup sehat. Semoga Bermanfaat
JIka anda sering kecapekan, ngantuk, mungkin saja itu gejala kolesterol, dan anda harus tahu penyebab kolesterol.
Untuk mengetahui cara mengatasi kolesterol klik >> Obat Herbal Kolesterol

Template by:

Free Blog Templates